Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

Analisis kesalahan siswa SMP Negeri 1 Bandar Dua Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Phytagoras

Ulia, Rahmatul (Unknown)
Maryana, Maryana (Unknown)
Elisyah, Nur (Unknown)
Rohantizani, Rohantizani (Unknown)
Wulandari, Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Abstrak Rendahnnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Teorema Phytagoras. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan peserta didik dan untuk mengetahui penyebab tejadinya kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal matematika materi Teorema Phytagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Bandar Dua yang berjumlah 19 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan presentase soal matematika terkait materi Teorema Phytagoras berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) presentase kesalahan membaca tertinggi sebesar 33% yaitu peserta didik tidak dapat memaknai kata, istilah atau simbol dalam soal, (b) Presentase kesalahan memahami tertinggi sebesar  41% yaitu peserta didik tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal (c) Presentase kesalahan transformasi tertinggi sebesar 46% yaitu peserta didik tidak menuliskan  model  matematika atau rumus dalam menyelesaikan soal, (d) Presentase kesalahan ketrampilan proses tertinggi sebesar 34% yaitu peserta didik tidak dapat melakukan perhitungan dalam menyelesaikan soal sama sekali, dan (e) presentase kesalahan penulisan jawaban akhir tertinggi sebesar 61% yaitu peserta didik tidak dapat menuliskan kesimpulan jawaban sama sekali. Penyebab kesalahan peserta didik adalah kurang teliti membaca soal serta kurang teliti dalam menggunakan simbol, tidak memiliki kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal dengan benar, tidak minat dalam pelajaran matematika, tidak paham dengan materi yang diujikan, tidak paham dengan rumus yang digunakan, buru-buru dalam menuliskan jawaban, tidak terbiasa menyimpulkan jawaban. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Prosedur Newan, Teorema Phytagoras.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...