Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 2, No 2 (2024): Juni (2024)

Integrasi Isu-Isu Sosial dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Permasalahan Sosial

Adawiyah, Siti (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)
Alyanti, Siti Elni (Unknown)
Yani, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

IPS dapat dijadikan sebagai mata pelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa; kepekaan sosial. Dengan cara ini, tidak hanya kecerdasan kognitif yang meningkat, tetapi juga sikap dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan sosial dalam pembelajaran IPS yang masih relevan dan relevan secara kontekstual hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penelitian kepustakaan. Berkaitan dengan hal tersebut, bahan ajar IPS mengkaji permasalahan sosial yang sedang berkembang saat ini, yaitu isu perdamaian dan pembangunan. Harapannya melalui pembelajaran sosial dapat membentuk peserta didik menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Pembentukan agen perdamaian tidak hanya ditujukan pada orang dewasa saja, namun pelajar dapat dilatih menjadi agen perdamaian dunia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dayanasional

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Daya Nasional: Educational Journal of Social Sciences and Humanities is a journal published by the Department of Social Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tanjungpura University in 2023. Daya Nasional contains research results in Education, Science, social, and ...