Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah metode One Day One Book dapat meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Islam Darul Muhibbin Wedi Klaten, dan (2) Mengukur peningkatan kemampuan literasi setelah penerapan metode tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimulai dari refleksi, identifikasi masalah, perencanaan perbaikan, pelaksanaan perbaikan, observasi, hingga penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari proses pembelajaran One Day One Book pada kelompok usia 3-4 tahun dan hasilnya diukur pada kelompok usia 5-6 tahun di TK Islam Darul Muhibbin selama semester satu tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, sekitar 80% anak belum berkembang dalam literasi. Setelah penerapan metode ini, pada siklus I terdapat peningkatan sebesar 20%, dari 40% menjadi 60%. Pada siklus II, persentase anak yang berkembang meningkat sebesar 30%, hingga mencapai 90% pada akhir siklus. Peningkatan ini menunjukkan keberhasilan metode One Day One Book dalam meningkatkan kemampuan literasi anak.
Copyrights © 2024