Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi karakteristik video TikTok sebagai sumber belajar konten matematika pada materi operasi hitung pembagian pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Video TikTok yang diteliti pada penelitian ini dikategorikan menjadi dua jenis yaitu, (1) Video 1 adalah video TikTok yang menyajikan pemecahan masalah dengan trik cepat, dan (2) Video 2 adalah video TikTok yang menyajikan pemecahan masalah secara mendetail. Teknik analisis data yang digunakan adalah interaktif, meliputi (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan/verifikasi. Satu video dipilih dari setiap kategori untuk dianalisis karakteristiknya sebagai sumber belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Video 1 belum efektif digunakan sebagai sumber belajar karena menimbulkan paradigma yang kurang baik bagi viewers. Sementara itu, Video 2 cukup efektif digunakan sebagai sumber belajar karena dapat menumbuhkan kemampuan berpikir matematis melalui pemahaman konsep matematika bagi viewers. Penelitian ini menemukan bahwa, video TikTok dapat digunakan sebagai sumber belajar matematika dengan mempertimbangkan karakteristik dari penyajian pemecahan masalahnya. Pemahaman terhadap karakterisasi video TikTok ini dapat digunakan pendidik dan calon pendidik sebagai pertimbangan dalam pemilihan sumber belajar dan perbaikan pembelajaran.
Copyrights © 2024