Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Efektivitas Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Kondisi Sarana dan Prasaran

Deden Taopik (Universitas Pendidikan Indonesia)
Cucu Mardiana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Risbon Sianturi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2024

Abstract

Dalam penyediaan pendanaan pendidikan, pemerintah menyiapkan Dana Oprasional Sekolah (BOS). Berdasarkan prosedur yang ada penggunaan dana BOS harus dikelola secara relevan dan efektif, yang penggunaanya dibagi kedalam 8 Standar penggunaan. Salah satu diantaranya yaitu Standar pengembangan sarana dan prasarana sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterhubungan  Efektivita Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap kondisi Sarana dan Pendidikan di SDN 1 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Data diperoleh dengan menggunakan data primer dan data skunder, melalui hasil skala likert dan studi dokumentasi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) sangat berpengaruh terhadap kondisi sarana dan pendidikan. Ada beberapa catatan dari penelitian ini yaitu: hasil uji regresi hubungan yang kuat antara efektifitas pengelolaan dan BOS terhadap sarana dan prasarana (57%). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada keterhubungan yang sangat erat antara efektifitas pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) terhadap sarana dan prasarana pendidikan di SDN 1 Cigugur Kabupaten Pangandaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...