Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Anak

Pengaruh Game Yuber terhadap Perkembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Sekarwangi, Andini (Unknown)
Risma, Devi (Unknown)
Solfiah, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan anak belum dapat menguasai tahapan berhitung mengurutkan 1-10 sehingga mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep matematika pada anak usia 5-6 tahun. Kemampuan berhitung permulaan yakni kapabilitas anak mengolah angka secara sederhana. Tujuan penelitian ini mengetahui tahu pengaruh game yuber pada kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Cendrawasih. Penelitian ini bersifat pre-eksperimen lewat rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini berjumlah 32 anak yang kemudian untuk menentukan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, sehingga sampel yang digunakan berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni observasi dan untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis data kuantitatif yang sesuai dengan metode eskperimen. Hasil penelitian dengan menggunakan uji gain ternormalisasi menunjukkan pengaruh game yuber terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak berpengaruh sebesar 62,38% dan 37,62% mendapat pengaruh dari faktor lain. Berdasarkan, hasil penelitian, maka peneliti merekomendasikan bagi peneliti lain dapat menjadi acuan dalam melakukan penelitian selanjutnya dan bagi guru dapat mengguanakan yuber dalam kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...