JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 4 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel: Perspektif Teori Kastolan

Budi Halomoan Siregar (Universitas Negeri Medan)
Sinta Marintan Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Putri Andini (Universitas Negeri Medan)
Nurul Masita (Universitas Negeri Medan)
Nia Fadilla (Universitas Negeri Medan)
Gustia Louisa Nainggolan (Universitas Negeri Medan)
Elva Waniza (Universitas Negeri Medan)
Dea Athalia Siregar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS pada materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (SPtLDV) berdasarkan perspektif teori kesalahan Kastolan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana analisis data dilakukan terhadap hasil tes tertulis yang diselesaikan oleh 28 siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dengan soal-soal HOTS yang relevan dan tervalidasi, serta wawancara mendalam untuk menggali faktor penyebab kesalahan. Data dianalisis dalam tiga tahap: (1) reduksi data dengan memilih materi dan soal yang relevan; (2) analisis jawaban siswa untuk mengidentifikasi dan mengategorikan kesalahan berdasarkan indikator teori Kastolan; dan (3) penarikan kesimpulan dari hasil analisis tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% siswa melakukan kesalahan dalam memahami konsep, 43% mengalami kesalahan dalam prosedur penyelesaian, dan 29% melakukan kesalahan teknis. Kesalahan konseptual paling banyak ditemukan pada pemahaman grafik penyelesaian dan model matematika. Dengan mengidentifikasi kesalahan-kesalahan ini, diharapkan guru dapat mengembangkan pendekatan pembelajaran yang bisa meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan soal HOTS pada materi SPtLDV.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...