Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Program Bimbingan Karir dan Motivasi Belajar dalam meningkatkan pemahaman dan aspirasi siswa MA Nurul Huda Sungai Luar terhadap pendidikan tinggi. Menggunakan pendekatan mixed-method, pengabdian ini melibatkan 75 siswa kelas XII. Program ini mencakup berbagai metode intervensi, termasuk lokakarya, konseling, simulasi, mentoring, dan pemanfaatan teknologi digital. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang pilihan karir dan proses pendidikan tinggi, dengan 85% siswa melaporkan pemahaman yang lebih baik setelah program, dibandingkan dengan 30% sebelumnya. Motivasi belajar siswa juga meningkat, ditandai dengan peningkatan 65% dalam keterampilan manajemen waktu dan teknik belajar efektif. Self-efficacy dan literasi karir siswa mengalami peningkatan substansial, dengan 90% siswa melaporkan kejelasan yang lebih baik tentang tujuan karir mereka setelah mengikuti sesi konseling. Keterlibatan orang tua dan penggunaan media sosial terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung aspirasi pendidikan tinggi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan komprehensif dalam bimbingan karir dan motivasi belajar dapat secara efektif meningkatkan kesiapan siswa untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi, terutama di daerah terpencil. Rekomendasi untuk keberlanjutan dan perluasan program diajukan, termasuk integrasi ke dalam kurikulum reguler dan pengembangan kemitraan dengan perguruan tinggi.
Copyrights © 2024