cover
Contact Name
syafrizal
Contact Email
cemaraunisi@gmail.com
Phone
+6285217791388
Journal Mail Official
cemaraunisi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Subrantas Kec. Tembilahan Kota. Kab. Indragiri Hilir – Riau. 2921
Location
Kab. indragiri hilir,
Riau
INDONESIA
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
ISSN : -     EISSN : 30253284     DOI : -
Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat CEMARA, is a scientific multidisciplinary journal published by Teacher Training Faculty of Islamic University of Indragiri, Tembilahan. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 28 Documents
Penerapan Integrated Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di EEC MAN 1 Inhil Amri, Samsul; Maizarah, Maizarah; Purwanti, Sri Erma; Sauhana, Felci Tria
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 1 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i1.2590

Abstract

Di era sekarang ini, Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa terpenting untuk menunjang kesuksesan hidup dan karir seseorang. Oleh sebab itu, pembiasaan penggunaan bahasa Inggris harus diterapkan. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Indragiri melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Excellent English Camp (EEC) MAN 1 INHIL. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa bimbingan belajar atau kursus. Adapun tujuan dari PKM ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara melalui Pendekatan Terpadu (Integrated Approach). Berdasarkan hasil kegiatan PKM ini didapatkan bahwa siswa EEC MAN 1 INHIL memiliki kemampuan yang bervariasi, hasil dari tes sebagai alat ukur kompetensi siswa dalam kemampuan berbahasa inggris, mereka dibagi menjadi 3 level; tingkat dasar (basic) (32,56%), tingkat menengah (intermediate) (34,88%), dan tingkat atas / mahir (advance) (32,56%). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan PKM melalui penerapan Pendekatan Terpadu (Integrated Approach) telah memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta PKM.
Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris di SMPN 03 Desa Kemuning Tua Selvia, Ami; syafrizal, syafrizal; Ardian, Edi; Ahmad, Ahmad
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 1 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i1.2591

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang harus dipahami setiap orang yang menjadi bagian dari dunia global saat ini. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi siswa SMP 03 desa Kemuning Tua. Adapun tahapan-tahapan dalam kegiatan ini adalah (1) memberikan materi bahasa Inggris yang dilakukan dengan mengenalkan objek yang dilihat sehari-hari siswa SMP 03, (2) mendampingi pemberian kosakata bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, (3) Mengevaluasi kegiatan melalui kritik dan saran terhadap kegunaan dan keberlanjutan kegiatan. Luaran dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah mampu mengucapkan dan menghasilkan intonasi yang tepat ujaran bahasa Inggris secara lisan.
Pelatihan Jurnalistik bagi Mahasiswa Ferdinan, Ferdinan; Kurniawan, Nova Adi; Hasnawati, Hasnawati
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 1 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i1.2592

Abstract

Bahasa merupakan urat nadi dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun secara tertulis. Bahasa secara lisan maupun tertulis mempunyai kaidah-kaidah yang harus dipahami oleh setiap insan penggunanya dan apalagi dalam hal jurnalistik. Kesalahan pengggunaan kaidah-kaidah bahasa terutama kaidah bahasa jurnalistik dapat mengakibatkan terjadinya kesalahpahaman. Hal lainnya, tidak lepas dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika yang harus dimanfaatkan dengan cepat dan tepat bagi kemajuan dunia pendidikan. Sejalan dengan itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan agar terhindar dari kesalahan penggunaan kaidah-kaidah bahasa yang digunakan dalma bahasa jurnalistik. Pelatihan ini menggunkan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan latihan serta metode literatur. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada 6-7 Mei 2023, yang diikuti oleh sebanyak 93 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Abdurrahman Siddik, Kampus STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta sudah memahami penggunaan bahasa yang digunakan dalam jurnalistik. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan dampak yang besar bagi pemahaman peserta terkait dengan bahasa jurnalistik.
Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Menggunakan Media Gambar Pada Anak- Anak Usia 9-12 Tahun Di Taman Baca Masyarakat Hamfara Tembilahan Mahsusi, Juni; Mustajib, Agus; Yeni, Melda; Salmiati, Salmiati
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 1 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i1.2593

Abstract

Pengabdian ini didasari oleh minimnya minat siswa terhadap literasi terutama dalam menulis. Setelah melakukan pre-observasi terhadap kondisi siswa yang tinggal di lingkungan TBM Hamfara, tim PKM Prodi Bahasa Inggris tergerak memberikan pelatihan untuk meningkatkan minat literasi siswa tersebut dan diharapkan dapat sekaligus meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis cerita dengan menggunakan gambar yang disajikan. Setelah dilakukan pelatihan dan pengajaran mengenai cara menulis dengan melihat gambar yang diberikan, diakhir proses PKM terlihat siswa begitu antusias dalam menulis dan kemampuan menulis mereka dapat dikatakan akan mudah berkembang jika mereka selalu melatih kemampuan mereka dengan bantuan media gambar seperti yang diterapkan di PKM ini.
Penyusunan Biografi Guru Khalidi Bin H. Qadri Muthalib, A.; Khairuddin, Khairuddin; Putra, Edi Susrianto Indra
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 1 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i1.2594

Abstract

Penyusunan buku biografi ini ditulis untuk memenuhi permintaan dari berbagai pihak, di antaranya dari pihak keluarga besar Guru Khalidi dan para alumni (santri yang pernah belajar dengan almarhum), selain itu juga untuk memenuhi keinginan pemerintah daerah Kabupaten Indragiri Hilir, terutama dari Dinas Periwisata yang mendorong setiap anggota masyarakat daerah ini yang mana pada ketika hidupnya tersebut pernah berkecimpung dalam kegiatan sosial seperti guru yang mempelopori berdirinya suatu kegiatan masyarakat, mendirikan lembaga pendidikan seperti Madrasah, Majelis Ta’lim maka anggota masyarakat yang seperti itu harus diabadikan sejarah hidupnya dalam bentuk buku biografi. Dalam penyusunan biografi ini, metode yang penyusun gunakan adalah metode wawancara langsung kepada keluarga Guru Khalidi, santri dan alumni yang menjadi murid beliau, masyarakat Desa Kuala Muda Ujung Tembilahan Barat yang menjadi tempat pergaulan beliau selama hidup.Tujuan dari pembuatan biografi sebenarnya untuk membagikan kisah kehidupan seseorang. Kisah tersebut nantinya bisa menjadi teladan atau contoh yang baik untuk memotivasi pembaca maka penyusunan biografi Guru Khalidi bin H. Qadri dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa perjuangannya dalam mensyi’arkan agama Islam di tengah masyarakat di mana ia mustauthin (tinggal), agar kifrahnya tersebut dapat dibaca, dikenang dan dteladani oleh generasi muda atau masyarakat secara umum.
Pelatihan Lemparan Shooting Cabang Olahraga Petangque Pada Atlet Seleksi bk. Pon (Fopi) Kabupaten Indragiri Hilir Dahrial Dahrial; Hamzah Hamzah; Devit Wilastra; Prima Antoni; Niko Zulni Pratama; Rahmad Yulmiando; Andriansyah Andriansyah
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 2 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i2.2676

Abstract

Pengabdian ini didasari atas keikutsertaan atlet Pederasi Olaharaga Petanque Kabupaten Indragiri Hilir dalam rangka seleksi BK-PON Tahun 2023 di Pekanbaru untuk perwakilan Riau menuju PON. Setelah melakukan observasi terhadap atlet yang akan ikut seleksi BK-PON maka Dosen prodi penjaskesrek Universitas Islam Indragiri melakuan pelatihan lemparan Shooting dalam permainan petanque dengan Tujuan untuk menambah wawasan, pengalaman bagi pelatih maupun atlet sehingga dapat meningkatkan hasil dalam rangka persiapan menuju seleksi BK-PON Riau. Setelah dilakukan pelatihan bagaimana cara shooting yang benar dalam olahraga petanque baik secara teori maupun praktek seluru atlet berantusias dan semnagat yang tinggi ditunjukan atlet pada saat praktek berlansung dan melaksakan dengan susnguh sungguh, diakhir proses PKM terlihat atlet begitu bersemangat melakukan latihan sehingga mempermuadah mereka dalam melakuakan lemparan shooting dalam olahraga petanque.
Pelatihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Sebagai Usaha Meningkatkan Karakter Bangsa Khairuddin Khairuddin; Edi Susrianto Indra Putra; A. Muthalib; Ahmad Ahmad; Edi Ardian
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 2 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i2.2683

Abstract

Kepemimpinan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi, menggerakan, dan mengarahkan suatu tindakan pada diri seseorang atau sekelompok orang, untuk mencapai tujuan tertentu pada situasi tertentu. Kepemimpinan merupakan salah satu aspek manajerial dalam kehidupan organisasi yang merupakan posisi kunci. Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) mengambil Tema, “Mengembangkan karakter guna mencapai kepemimpinan yang aktif, solidaritas, inspiratif dan kritis”. Peserta pelatihan ini adalah mahasiswa yang terlibat dalam kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan berbagai Organisasi Mahasiswa (ORMAWA). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang bekerjasama dengan HMJ dilingkungan FKIP Universitas Islam Indragiri. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 19 Nopember 2023 bertempat di Aula Hotel Inhil Pratama Tembilahan. Melalui kegiatan ini diharapkan ada penambahan wawasan dalam berfikir, bersikap dan bertinggah laku dalam rangka menciptakan pendidikan karakter dikalangan mahasiswa. Metode kegiatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan simulasi.
Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Untuk Pembelajar Muda Menggunakan Flashcards dan Games Sri Erma Purwanti; Maizarah Maizarah; Felci Tria Sauhana; Agus Mustajib
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 2 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i2.2684

Abstract

Pentingnya mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa international di era ini semakin disadari oleh para orangtua. Selain di sekolah, mereka mengantar anak-anaknya untuk belajar bahasa inggris di tempat-tempat kursus. Namun sayangnya tidak semua anak memperoleh kesempatan baik tersebut. Karena, yang pertama, tidak semua sekolah dasar menyediakan pelajaran Bahasa Inggris dan, yang kedua, tidak semua orangtua mampu mengantarkan anak-anaknya ke tempat kursus. Berangkat dari dua alasan inilah tim PKM mengadakan kegiatan pengajaran kepada anak-anak usia sekolah dasar yang tinggal di sekitar lingkungan pemakaman umum Tanjung Harapan, Tembilahan. Mereka adalah 14 siswa sekolah dasar yang sama sekali belum pernah mempelajari Bahasa Inggris baik di sekolah maupun di luar sekolah. Mereka mengikuti kegiatan ini selama enam pertemuan dengan tema fruits, animals, dan parts of my body. Media visual berupa flashcard dan games diimplementasikan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna. Menyenangkan karena mereka belajar sambil bermain dan bermakna karena menambah pengetahuan berupa kosakata Bahasa Inggris.
Kegiatan English Club sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Berbicara (Speaking) Mahasiswa Universitas Islam Indragiri Salmiati Salmiati; Samsul Amri; Melda Yeni; Syafrizal Syafrizal; Adi Wiluyo; Khairunnisa Khairunnisa; Chunda Alicia
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 2 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i2.2687

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk mengetahui bagaimana English Club berfungsi sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa. Selama kegiatan ini, menggunakan pendekatan partisipatif, dengan perpaduan teori dan praktek serta diskusi dan unjuk kerja di akhir pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa English Club membantu siswa lebih baik berbicara. Permainan bahasa Inggris, simulasi presentasi, dan aktivitas diskusi terstruktur adalah cara penting untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi verbal. Selain itu, berpartisipasi aktif dalam English Club juga membantu Anda memahami budaya negara dan menggunakan bahasa Inggris setiap hari. Melalui kegiatan PKM ini, dapat disimpulkan bahwa English Club dapat dianggap sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa, karena memberi mereka platform untuk melakukan latihan berbicara yang terorganisir dan menyenangkan. Penemuan ini meningkatkan pemahaman kita tentang peran English Club dalam pendidikan tinggi dan menunjukkan bahwa program yang lebih terfokus dan berkelanjutan dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa.
Pelatihan Khatib dan Bilal bagi Mahasiswa Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri Ridhoul Wahidi; Syafril Syafril; Amaruddin Amaruddin; Nasrullah Nasrullah; Fiddian Khairudin
CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin Vol 1 No 2 (2023): CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri (UNISI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61672/cemara.v1i2.2692

Abstract

Khatib and bilal training for students is important in community service activities. This concerns the function of the sermon and bilal which is very important as part of the Islamic da'wah. To find answers to the importance of this activity, preacher and bilal training was held for students of the Islamic Religious Sciences faculty at Indragiri Islamic University. The aim of this PkM activity is first, to provide students with material about khatib and bilal. Second, equip students to understand the terms and conditions of the sermon. The problem solving carried out by PkM activities in the form of implementing this training activity is an explanation of the bilal reading material, the first and second preacher readings, and an introduction to the requirements and pillars of the khatib along with the history of Friday prayers. then practical activities of khatib and bilal for students.

Page 1 of 3 | Total Record : 28