Cendikia Pendidikan
Vol. 12 No. 2 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS V DI SDN GEBANG RAYA 1 KOTA TANGERANG

Yeni Nuraeni (Unknown)
Allya Ramdhonesia (Unknown)
Anastasia Riska Putri (Unknown)
Azka Maulida (Unknown)
Fitria Sintia Dewi (Unknown)
Nawang Wafiq Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas peran guru dalam menanamkan nilai tanggung jawab pada siswa kelas V di SDN Gebang Raya 1, Tangerang. Pendidikan karakter, khususnya tanggung jawab, penting untuk membentuk generasi muda yang berintegritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dari guru dan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa guru telah menggunakan metode seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, dan sistem penghargaan. Guru juga menjadi teladan dengan menunjukkan kedisiplinan dan memberikan motivasi. Namun, masih terdapat tantangan dalam memastikan nilai tanggung jawab benar-benar diinternalisasi siswa, terutama dalam kegiatan di luar kelas. Penelitian selanjutnya disarankan mengeksplorasi pendekatan yang lebih terintegrasi pada berbagai konteks pendidikan untuk hasil yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...