MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary


Kurikulum dan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Salsabila Azahra (Unknown)
Shofiyah Siregar (Unknown)
Ummi Humairah (Unknown)
Ade Reka Marzuita (Unknown)
Daratul Nisa (Unknown)
Raficha Rahim (Unknown)
Riza Maulida (Unknown)
Dwi Meutia Hasni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kurikulum dan program pembelajaran merupakan elemen fundamental dalam sistem pendidikan yang berfungsi sebagai panduan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum didefinisikan sebagai seperangkat rencana yang mencakup tujuan, isi, bahan ajar, dan metode pengajaran untuk memastikan pembelajaran yang terarah dan relevan dengan perkembangan zaman. Makalah ini mengkaji konsep dasar kurikulum, fungsi, dan strategi pengembangan yang mencakup kebutuhan individu siswa serta tuntutan perubahan sosial dan teknologi. Selain itu, program pembelajaran dijelaskan sebagai implementasi praktis dari kurikulum, mencakup perencanaan kegiatan belajar-mengajar, metode pengajaran, dan evaluasi. Tulisan ini menyoroti pentingnya kurikulum yang fleksibel dan relevan dengan kebutuhan masyarakat serta program pembelajaran yang terstruktur untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Fungsi-fungsi utama, seperti penyesuaian, integrasi, diferensiasi, hingga persiapan siswa untuk masa depan, juga dibahas secara komprehensif. Kesimpulan menekankan bahwa sinergi antara kurikulum dan program pembelajaran adalah kunci dalam membentuk individu yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia nyata.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...