Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 3 (2024): Desember

PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Siti Nurjanah (Unknown)
Astiti, Niken Yuni (Unknown)
Putra, Agung Dian (Unknown)
Rifaldo, Muhammad Fajril (Unknown)
Sari, Dian Permata (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekaatn campuran yaitu gabungan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif, untuk mengumpulkan data komprehensif dari guru yang terlibat dalam pembelajaran menggunakan canva sebagai media desain. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitaif untuk hasil kuesioner dan teknik deskriptif kualitatif untuk hasil wawancara. Melalui penggunaan aplikasi canva ini diharapkan guru dapat membuat media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif guna meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Hasil dari kuesioner menunjukkan rata-rata 55% guru sangat setuju dan 39% setuju bahwa aplikasi canva menarik untuk digunakan, pengguna paham mengaplikasikan canva untuk membuat media pembelajran, aplikasi canva mempermudah pemahaman peserta didik, dan aplikasi canva memungkinkan peserta didik dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Penggunaan canva juga meningkatkan keterlibatan peserta didik serta meningkatkan focus, konsentrasi, minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendis

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal pendis merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh yayasan insan cipta medan. jurnal pendis memberikan peluang kepada setiap para akademisi (baik dosen, mahasiswa dan para pendidik lainnya) yang akan menerbitkan tulisan terbaiknya. Secara garis besar tulisan ini akan memuat berbagai ...