Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 12 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Membangun Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Discovery Learning Dalam Pembelajara PAI Di SDN 91 Rejang Lebong

Nisa, Khoirun (Unknown)
Erik Wiranata (Unknown)
Setiawan, Jamil (Unknown)
Harmi, Hendra (Unknown)
Daheri, Mirzon (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam berbagai aktivitas pembelajaran dan pembiasaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis metode penelitian field research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Pendekatan Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Islami. Dengan mengajak siswa untuk terlibat langsung dalam proses penemuan makna melalui analisis situasi dan studi kasus, pembelajaran menjadi lebih mendalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...