EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan

Wulandari, Sri (Unknown)
Thohiri, Roza (Unknown)
Ramdhansyah, Ramdhansyah (Unknown)
Sriwedari, Tuti (Unknown)
Sibarani, Choms Gary Ganda Tua (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini menilai dampak gabungan model PBL dan TGT terhadap aktivitas serta hasil belajar peserta didik dalam akuntansi keuangan. Dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan tes, serta menganalisisnya dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Fokus penelitian adalah peserta didik kelas XI AKL di SMK Swasta Brigjen Katamso II Medan pada tahun ajaran 2023/2024. Temuan menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan dari siklus pertama ke siklus kedua, dengan ketuntasan aktivitas belajar naik dari 71,42% menjadi 92,86% dan hasil belajar dari 69,06% menjadi 92,86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi PBL dan TGT terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik, serta memberikan kontribusi berarti untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik di masa mendatang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...