Natural Science Education Research (NSER)
Vol 7, No 3 (2024): Natural Science Education Research

PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Nisa', Nabillah (Unknown)
Wahyuni, Eva Ari (Unknown)
Putera, Dwi Bagus Rendy Astid (Unknown)
Yasir, Mochammad (Unknown)
Hartiningsih, Try (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap media pembelajaran e-module berbasis kontekstual pada materi ekologi untuk melatih kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ialah sampling jenuh dan menggunakan desain penelitian One shot. Instrumen uji coba meliputi validasi media, materi, tes berpikir kreatif, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) e-module berbasis kontekstual telah memenuhi kriteria kevalidan kelayakan dengan kategori sangat tinggi, 2) nilai rata-rata hasil kemampuan berpikir kreatif sebesar 55,79 dengan kategori cukup kreatif. Oleh karena itu, media pembelajaran e-module berbasis kontekstual layak digunakan dalam kegiatam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...