Dalam melaksanakan pembelajaran, seorang guru perlu merancang kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Seorang guru harus merancang pembelajaran agar pembelajaran yang akan dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dalam menyusun rancangan pembelajaran, seorang guru pasti memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Pada kenyataannya masih banyak guru yang merancang kegiatan pembelajaran dengan detail proses yang masih kurang. Hal ini sesuai dengan fakta di lapangan, dimana pada SD Negeri di Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Terdapat beberapa kendala yang dialami guru, seperti guru yang belum memahami perancangan pembelajaran berfokus proses pembelajaran, guru berfokus pada perancangan pembelajaran yang berorientasi pada proses pembelajaran, dan guru masih belum menjabarkan Kompetensi Dasar/Capaian Pembelajaran yang lebih spesifik, sehingga guru kurang merancang rancangan kegiatan pembelajaran dengan detail. Oleh karena itu, tim pengabdian ini mengadakan kegiatan pelatihan pengembangan rencana pembelajaran menggunakan pendekatan Understanding by Design. Metode kegiatan melalui tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Metode ini dilakukan dengan pengamatan secara langsung pada kondisi di lapangan. Hasil dari kegiatan ini adalah hasil praktik rancangan pembelajaran ketika mengikuti kegiatan pelatihan. Kata kunci— Pengabdian Masyarakat, Pendekatan Pembelajaran, Understanding by Design
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024