Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember 2024

Analisis Permasalahan MGMP Fisika di Sidoarjo: Upaya Meningkatkan Profesionalisme Melalui Penelitian

Deta, Utama Alan (Unknown)
Nurlailiyah, Alfi (Unknown)
Suliyanah, Suliyanah (Unknown)
Habibi, Habibi (Unknown)
Aryani, Heny (Unknown)
Pratiwi, Ananda Dwi (Unknown)
Edelweiss, Mozza Pinkan (Unknown)
Suprapto, Nadi (Unknown)
Admoko, Setyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Kemampuan menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah merupakan salah satu indikator penting dalam profesionalisme guru. Namun, banyak guru, termasuk guru MGMP Fisika di Kabupaten Sidoarjo, yang menghadapi kendala dalam memenuhi tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh guru MGMP Fisika Kabupaten Sidoarjo dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah sebagai bagian dari pengembangan profesionalisme. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif untuk mengkaji berbagai kendala yang dihadapi oleh guru MGMP Fisika di Kabupaten Sidoarjo dalam menyusun artikel ilmiah. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik guna menemukan pola-pola permasalahan yang teridentifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat lima kendala utama yang dihadapi oleh guru, yaitu keterbatasan waktu yang disebabkan oleh beban kerja harian yang tinggi, rendahnya keterampilan menulis artikel ilmiah, ketidaktahuan tentang platform publikasi ilmiah, tingginya biaya publikasi, serta minimnya dukungan dari institusi. Selain itu, banyak guru yang kesulitan dalam menyusun artikel yang sesuai dengan kaidah ilmiah, serta kurangnya pemahaman tentang pentingnya publikasi ilmiah dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah masih menjadi tantangan signifikan bagi guru MGMP Fisika di Kabupaten Sidoarjo. Meskipun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sering dilakukan, guru menghadapi kesulitan dalam mengubah hasil penelitian menjadi karya ilmiah yang terpublikasi. Sebagai solusi disarankan perlunya langkah strategis, seperti pelatihan intensif dalam penulisan ilmiah, pendampingan dalam proses publikasi, serta kebijakan institusi yang mendukung pengembangan profesionalisme guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment menerima artikel hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat. Adapun ruang lingkup dari jurnal ini meliputi Pengabdian Kepada Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat, Kuliah Kerja Nyata, Pendidikan Informal di Masyarakat, dan ...