Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 4 No. 2 (2024): Vol. 4 No. 2 Juli-Desember 2024

Manajemen Konflik dalam Pendidikan

Adien Inayah (Unknown)
Agilia Febriani (Unknown)
Aswaruddin (Unknown)
Fadya Safitri Rahman (Unknown)
Miftahul Jannah (Unknown)
Nadia Syahfitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Perkembangan pendidikan, teknologi, informasi, budaya, dan masyarakat telah menyebabkan perubahan kebutuhan dan kondisi yang menghasilkan tantangan kompleks dan pendekatan variatif terhadap pendidikan. Perkembangan pendidikan telah menjadi tantangan yang signifikan bagi para pemimpin sekolah, karena di dalamnya terdapat berbagai isu dan konflik. Konflik adalah masalah faktual yang dapat terjadi dalam proses interaksi antara dua subjek hukum atau penegak hukum. Konflik dapat bersifat negatif maupun positif, tergantung pada konteks dan situasinya. Dalam konteks pendidikan, konflik merupakan isu penting yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research), yaitu dengan menggunakan artikel dan buku-buku sebagai referensi dan sumber teori. Untuk itu dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai manajemen konflik yang biasa terjadi dalam dunia pendidikan, mulai dari definisi manajemen konflik dalam pendidikan, jenis-jenis manajemen konflik dalam pendidikan, ciri-ciri manajemen konflik dalam pendidikan, tahap-tahap manajemen konflik, serta dampak manajemen konflik dalam pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...