Seiring meningkatnya populasi penduduk di Indonesia, salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna sarana transportasi adalah kemacetan lalu lintas. Ojek menjadi solusi pilihan masyarakat dalam meminimalisir kemacetan dan efisiensi waktu. Salah satunya adalah perusahaan penyedia ojek online, yaitu Gojek. Banyaknya jumlah perusahaan yang menawarkan berbagai macam produk serupa dengan harga yang lebih rendah menimbulkan persaingan ketat untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas produk merupakan hal yang harus dilakukan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online Gojek. Metode penelitian ini adalah kuantitaif dengan jenis penelitian deskriptif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t, uji f, dan koefisien determinasi R2). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 27 dengan jumlah responden 96 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menyebarkan kuesioner dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa harga (X_1) dan kualitas pelayanan (X_2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hasil penelitian dari uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan sebesar 56,6% pengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya yaitu 43,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Copyrights © 2024