Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 4 (2024): November

PSIKOEDUKASI PENULISAN DIARY SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENANGANI KONFLIK DIRI DAN MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL REMAJA PANTI ASUHAN

Nur Afni Safarina (Unknown)
Pratama, M. Fikri Jaka (Unknown)
Amin, Safuwan (Unknown)
Sitorus, Mutiarani Eka Dipa Putri (Unknown)
Tsaniyah, Laily (Unknown)
Raudatusyifa, Putri (Unknown)
JJ, Thats Maharani (Unknown)
Anastasya, Safna (Unknown)
Fazila, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Remaja yang tinggal di panti asuhan seringkali menghadapi berbagai tantangan emosional dan psikologis yang dapat memengaruhi perkembangan mental dan sosial mereka. Lingkungan yang kurang stabil, kehilangan orang tua, serta pengalaman trauma dapat menyebabkan mereka mengalami konflik internal dan kesulitan dalam mengekspresikan perasaan. Kegiatan psikoedukasi di yayasan panti asuhan Miftahul Jannah dimulai pada hari sabtu, 21 September 2024. Lokasi pelaksanaan kegiatan yaitu di dusun III, Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Jumlah remaja yang mengikuti psikoedukasi berkisar 15 orang. Pelaksanaan psikoedukasi penulisan diary ini bertujuan untuk memberikan dukungan yang positif dan konstruktif bagi remaja panti asuhan. Hasil dari psikoedukasi yang telah dilakukan dapat menambah wawasan remaja panti asuhan mengenai cara mengelola emosi dengan cara menulis diary. Psikoedukasi mengenai menulis diary di panti asuhan memiliki manfaat penting bagi perkembangan psikologis remaja yang tinggal di panti asuhan. Membantu mengekspresikan diri melalui tulisan dapat memberikan ruang bagi remaja untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...