Pendidikan multikultural sangat penting di masyarakat yang semakin beragam karena memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang pluralitas dan penghargaan terhadap perbedaan.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendukung penerapan kebijakan pendidikan multikultural untuk meningkatkan pemahaman tentang pluralisme di lingkungan belajar. Pendekatan partisipatif digunakan dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang prinsip-prinsip multikulturalisme dalam pendidikan. Program ini melibatkan kegiatan lokakarya, diskusi kelompok terarah, dan penyuluhan dengan partisipasi aktif dari guru, siswa, dan perwakilan komunitas sekolah. Subjek dalam kegiatan ini mencakup guru sebagai fasilitator, siswa sebagai peserta utama, serta komunitas sekolah sebagai pendukung lingkungan belajar multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta lebih memahami prinsip pluralisme dan sekolah lebih siap untuk mengadopsi kebijakan yang mendukung keberagaman. Mereka yang berpartisipasi menunjukkan tanggapan positif terhadap pendekatan yang menghargai perbedaan dan mendorong inklusi. Interaksi antarbudaya yang lebih baik di lingkungan sekolah tercermin dari hal ini. Hasil ini menegaskan bahwa kebijakan pendidikan yang responsif terhadap pluralitas adalah langkah penting menuju masyarakat yang inklusif dan berkeadilan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024