Inspiratif Pendidikan
Vol 13 No 2 (2024): DECEMBER

Self-Development of Islamic Religious Education Teachers After Participating in Professional Teacher Education at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Alauddin Makassar

Usman (Unknown)
Bahraeni (Unknown)
Ali Akbar (Unknown)
Selviana (Unknown)
Ananda Fathur Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan guru pasca mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) LPTK Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar pada Guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Bone; (2) kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam pada kegiatan penyusunan penelitian dan publikasi ilmiah bagi Guru di Kabupaten Bone; dan (3) gambaran out-put kegiatan penyusunan penelitian dan publikasi ilmiah bagi Guru PAI di Kabupaten Bone. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yakni metode pelatihan, observasi; dan wawancara. Hasil penelitian: (1) Pengembangan diri Guru PAI di Kabupaten Bone pasca mengikuti pendidikan profesi guru pada LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, para guru mengikuti: kegiatan seminar dan webinar nasional, Pendidikan dan latihan nasional, workshop penyusunan modul ajar dan P5PPRA, pelatihan penyusunan proposal dan pelaksanaan penelitian Tindakan kelas; (2) Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam pada kegiatan penelitian tindakan kelas dan publikasi ilmiah di Kabupaten Bone, meliputi keterlibatan sebagai peserta aktif sebanyak 66,67 % pada kegiatan pelatihan PTK yang siap dibuat menjadi artikel untuk publish pada jurnal nasional; dan (3) Out-put kegiatan penelitian tindakan kelas dan publikasi ilmiah bagi Guru PAI di Kabupaten Bone, yakni terdapat 8 laporan penelitian Tindakan kelas dan 5 artikel yang sudah terpublikasikan pada jurnal nasional, ber-ISSN dan Sinta

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Inspiratif-Pendidikan

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Inspiratif Pendidikan is a scholarly journal published by Department of Islamic Religion Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal only accepts research findings, thoughts that related to education and teaching development in general, and ...