Journal Educational Research and Development
Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober - Desember

Pendekatan Guru untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar

Rahman, Alvi (Unknown)
Ahmad Suriansyah (Unknown)
Arta Mulya Budi Harsono (Unknown)
M. Ziyan Takhqiqi Arsyad (Unknown)
Mubarok (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan guru yang tepat untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SDN Kelayan Timur 12. Studi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Studi ini melibatkan guru dan siswa kelas II. Dengan menggunakan trianggulasi sumber dan teknik, data kemudian dianalisis dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya adalah peneliti menemukan bahwa pendekatan yang digunakan oleh guru di SDN Kelayan Timur 12 berfokus pada penerapan metode yang mengutamakan partisipasi aktif siswa, seperti pembelajaran berbasis proyek dan diskusi kelompok. Guru juga memberikan bimbingan yang lebih personal dan responsif terhadap kebutuhan individu siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kemandirian

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jerd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal Educational Research and Development ( E-ISSN : 3063-9158) is a scientific journal managed by Global Scients Publisher intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is intended as a ...