Kemampuan peserta didik dalam memahami teks laporan hasil observasi tergolong masih rendah. Model TGT merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan memahami teks Laporan Hasil Observasi (LHO) dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas X di SMAN 21 Jakarta. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus yang mengacu pada model Kemmis dan McTaggart dengan empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas X SMAN 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model TGT sudah tepat dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami teks LHO. Hal ini terbukti dengan adanya nilai hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan setiap siklus. Pada tes awal nilai rata-rata peserta didik sebesar 70 (sedang). Pada siklus 1 rata-rata ketuntasan peserta didik 62,85%. Siklus 2 rata-rata ketuntasan peserta didik 71,4%. Siklus 3 rata-rata ketuntasan peserta didik 88,57%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model Team Games Tournament dapat meningkatkan kemampuan pemahaman teks LHO pada peserta didik kelas X SMAN 21 Jakarta.
Copyrights © 2024