Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Desember 2024 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan

Penerapan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam Penentuan Nilai Akhir Mahasiswa

Aulia, Syafira (Unknown)
Al-Fa’th, Nazriel Rahman (Unknown)
Nugraha, Doni (Unknown)
Ilham, Muhammad Fauzan Nur (Unknown)
Arbansyah, Arbansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penentuan nilai akhir mahasiswa merupakan komponen esensial dalam sistem evaluasi akademik di perguruan tinggi, karena berperan signifikan dalam mencerminkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) sebagai pendekatan sistematis dalam pengambilan keputusan terkait penilaian akhir mahasiswa. Data yang digunakan bersifat dummy untuk menekankan proses penerapan algoritma AHP. Analytic Hierarchy Process dipilih sebagai metode utama karena memiliki kemampuan untuk mengakomodasi kriteria penilaian dengan bobot yang bervariasi, meliputi aspek tugas, ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, serta proyek akhir. Implementasi ini diharapkan mampu menyediakan sistem penilaian yang lebih terstruktur, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Analytic Hierarchy Process memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan keakuratan, objektivitas, dan transparansi dalam proses evaluasi akademik. Dengan demikian, Analytic Hierarchy Process dinilai efektif sebagai solusi strategis dalam menghasilkan keputusan penilaian akhir yang obyektif, terukur, dan dapat diterima secara akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is ...