Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 7 No. 2 (2024): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Integrasi Model Project-Based Learning (PjBL) dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Wildan Nuril Ahmad Fauzi (Unknown)
Yuli Setiawati (Unknown)
Deni Puji Hartono (Unknown)
Mulyo Prayitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi integrasi Project-Based Learning (PjBL) dan kearifan lokal dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi literatur dan analisis dokumentasi terkait implementasi PjBL berbasis kearifan lokal. Hasil utama menunjukkan bahwa integrasi ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta nilai-nilai gotong royong siswa. Kajian ini bermanfaat untuk diterapkan dalam konteks pendidikan dasar di Indonesia, khususnya pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menawarkan kebaruan dalam mengaitkan PjBL dengan kearifan lokal untuk mengembangkan keterampilan karakter siswa, yang belum banyak diterapkan dalam pendidikan formal di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis ...