Indonesian Journal of Education
Vol. 1 No. 2 (2024): Edisi Oktober

Konsep Kepemimpinan Pendidikan dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur

Tiara Nadilah (Unknown)
Yevi Yasmini (Unknown)
Amilda (Unknown)
Junaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2024

Abstract

Kepemimpinan pendidikan dalam perspektif Islam merupakan konsep fundamental yang melampaui pendekatan manajerial konvensional. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konsep, prinsip etika, dan implikasi praktis kepemimpinan pendidikan Islam melalui kajian literatur sistematis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik systematic literature review. Sumber data diperoleh dari publikasi akademik bereputasi dalam rentang waktu 2017-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pendidikan Islam memiliki karakteristik unik yang mencakup: (1) orientasi spiritual-transformatif, (2) fokus pengembangan potensi holistik peserta didik, (3) akuntabilitas moral di hadapan Allah, dan (4) pendekatan pemberdayaan komprehensif. Prinsip etika kepemimpinan meliputi akuntabilitas spiritual, transparansi integral, dan keadilan proporsional. Implikasi praktisnya adalah terciptanya ekosistem pendidikan yang memberdayakan potensi intelektual, emosional, dan spiritual secara seimbang. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam memahami model kepemimpinan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam yang transformatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Education (IJE) is dedicated to advancing education by publishing high-quality, original research and scholarly articles. The journal serves as a platform for educators, researchers, and practitioners to share knowledge and insights, aiming to improve educational practices ...