Educommunity Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2023)

Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Menggunakan Kahoot Pada Mahasiswa

Eka Fitria Ningsih (Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia)
Rani Darmayanti (Bimbingan Belajar Assyafa Pasuruan, Indonesia)
Fredi Ganda Putra (UIN Raden Intan Lampung, Indonesia)
Anang Ghozali (Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia)
Gita Ade Pradana (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Indonesia)
Yuli Ani Setyo Dewi (STITNU Al Hikmah Mojokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan dalam mengimplementasikan metode pembelajaran interaktif menggunakan platform Kahoot pada mahasiswa Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) di Metro Lampung. Metode pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimental dengan desain pre-test dan post-test, melibatkan sampel mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menerima pelatihan menggunakan Kahoot dan kelompok kontrol yang tidak menerima pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan menggunakan Kahoot efektif dalam meningkatkan interaktivitas dalam pembelajaran dan partisipasi mahasiswa. Hasil ini memberikan wawasan berharga bagi lembaga pendidikan dalam meningkatkan penggunaan teknologi interaktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ejpm

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk menyediakan wadah bagi peneliti Nasional di bidang Pendidikan dan Teknologi untuk mempublikasikan artikel asli dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Ruang lingkup Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah Pendidikan dan Teknologi. Jurnal ini memuat ...