TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol. 7 No. 2 (2024): TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam

MUJAHADAH AN-NAFS (PENGENDALIAN DIRI) DALAM MEMPERKUAT AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMA AR-RAHMAN KECAMATAN MEDAN HELVETIA

Muhammad Yunan Harahap (Universitas Pembangunan Panca Budi)
Sakban Lubis (Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Nanda Rahayu Agustia (Indonesia)
Rahmad Sulaiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus Mujahadah An-Nafs (Pengendalian Diri) Dalam Memperkuat Akhlakul Karimah Peserta Didik Di SMA Ar-Rahman Kecamatan Medan Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana metode Mujahadah An-Nafs, yang merupakan konsep dasar dalam Islam mengenai upaya pribadi untuk mengendalikan nafsu, dapat membantu peserta didik menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika Islami yang luhur. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi implementasi dan efektivitas metode Mujahadah An-Nafs di SMA Ar-Rahman, yang telah mengintegrasikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam dalam kurikulumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Mujahadah An-Nafs secara signifikan berkontribusi pada pengembangan karakter peserta didik, menciptakan individu yang tidak hanya berprestasi akademik tetapi juga berakhlak baik dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang pentingnya mengintegrasikan pendidikan nilai dalam sistem pendidikan untuk membentuk karakter dan moral peserta didik yang kuat di tengah tantangan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TARLIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember dikelola oleh Prodi Pendidikan Agama Islam, memuat tema-tema yang membahas tentang : Pembelajaran Pendidikan Islam (Learning of Islamic Education), Manajemen Pendidikan Islam (Management of Islamic Education), ...