Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terkait tema "Bersyukur dengan Akikah dan Peduli Sesama dengan Berqurban" pada siswa kelas IX SMP Islam Misbaahun Muniir. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini melibatkan 21 siswa dan dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan metode observasi, evaluasi kognitif, dan refleksi. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Rata-rata nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75 dengan tingkat partisipasi mencapai lebih dari 80%. Selain itu, penggunaan Canva memotivasi siswa untuk lebih kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran dan meningkatkan kolaborasi antar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Canva efektif sebagai alat bantu pembelajaran inovatif dalam pengajaran PAI, khususnya dalam mengembangkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama dan kepedulian sosial.
Copyrights © 2025