Journal of Citizen Research and Development
Vol 2, No 1 (2025): Mei 2025

Pemanfaatan Media Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Sumber Literatur untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Sekolah Menengah Atas

Purnamasari, Ika (Unknown)
Maulana, Andrian (Unknown)
Lubis, Salsabila (Unknown)
Lubis, Rifka Ariani (Unknown)
Ningrum, Dewy Maulidya (Unknown)
Piliang, Putri Hasanah (Unknown)
Rumahorbo, Ruth Debora (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penyaluran informasi dari sumber-sumber bacaan dapat dimanfaatkan secara efektif sebagai bahan pembelajaran dalam pengajaran sejarah di lingkungan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dengan menggunakan pendekatan metode penelitian berbasis studi literatur, artikel ini mengeksplorasi berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku teks, jurnal ilmiah, artikel pendidikan, dan dokumen sejarah, yang dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis literatur dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peristiwa sejarah, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan menambah kesan belajar yang berharga bagi siswa. Namun, tetap ada hambatan yang perlu diatasi terkait dengan keterbatasan akses dan pemahaman teks yang kompleks. Penelitian ini juga menemukan bahwa pentingnya menggunakan strategi pembelajaran yang efektif untuk menangani tantangan tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcrd

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Education Medicine & Pharmacology

Description

JCRD Journal of Citizen Research and Development dengan nomor ISSN terdaftar 3048-2933 (Cetak - Print) dan 3048-2941 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JCRD Journal of Citizen Research and Development bertujuan untuk mempublikasikan ...