Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 6 No. 1 (2025)

Kolaborasi orang tua dan guru dalam memberikan kebutuhan emosi anak guna meningkatkan motivasi belajar

Aini, Syarifah (Unknown)
Mina Laili, Mahsiani (Unknown)
Setiawati (Unknown)
Farihah (Unknown)
Nadiroh (Unknown)
Suhenti (Unknown)
Rustia, Winda (Unknown)
Ahyuroh (Unknown)
Suryati (Unknown)
Rahmah, Juanita (Unknown)
Wati, Widiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orangtua dan guru di PAUD Baitul Marhamah kelurahan Ketileng kota Cilegon dalam mendukung perkembangan emosional anak dengan memberikan kebutuhan emosi yang tepat hingga berimbas pada peningkatan motivasi belajar. Penelitian dan pengalaman menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memainkan peran penting dalam pembentukan karakter anak dan keberhasilan akademik mereka. Oleh karena itu, kegiatan ini melibatkan seminar, pelatihan, dan diskusi interaktif antara orangtua dan guru untuk memahami pentingnya kolaborasi dalam pengasuhan yang mendukung aspek emosional anak. Metode pengambilan data pada penelitian pengabdian Masyarakat ini menggunakan kualitatif deskriptif dan pendekatan PAR. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa saat observasi berlangsung pemahaman orang terkait kebutuhan emosi anak dengan total sebesar 35% dan 40% meningkat menjadi 85% dan 90% serta aspek motivasi belajar anak di rumah dengan total sebesar 45% dan 65% di sekolah menjadi 85% dan 95% setelah evaluasi dilakukan pasca seminar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...