Kemampuan mengidentikasi bekal awal belajar siswa perlu dilatihkan kepada guru dalam proses evaluasi pembelajaran. Hasil diskusi awal dengan para guru Ekonomi yang tergabung dalam kelompok MGMP Guru Ekonomi SMA Kabupaten Barito Kuala menunjukkan, sebagian guru masih membuat instrumen evaluasi yang hanya berkaitan dengan kemampuan berpikir tingkat rendah. Tujuan kegiatan yakni (1) meningkatnya kompetensi guru dalam memahami, mengembangkan instrumen evaluasi, dan melakukan penilaian dengan standar kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills); (2) meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan perangkat lunak guna menganalisis dan deteksi soal yang berkarateristik level HOTS. Metode pelaksanaan kegiatan yakni melalui bimbingan teknis peningkatan kompetensi meliputi workshop, tugas terstruktur dan pendampingan konsultansi dan evaluasi terhadap kegiatan bimbingan teknis dengan membandingkan kondisi awal dan pasca kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kompetensi dan keterampilan guru setelah dilakukan bimbingan teknis identifikasi bekal awal belajar siswa dalam mendukung praktik pembelajaran berdiferensiasi.
Copyrights © 2025