Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Vol 7 No 2 (2025): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

“STATUS QUO” CHATGPT DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN FISIKA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Qudratuddarsi, Hilman (Unknown)
A, Fauziah (Unknown)
Agung, Afiq (Unknown)
Yanti, Meili (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2025

Abstract

Revolusi teknologi telah membawa Artificial Intelligence (AI) khususnya ChatGPT menjadi alat potensial dalam pendidikan termasuk Fisika meski penggunaannya masih baru. ChatGPT dapat membantu menjelaskan konsep sulit, namun akurasi informasinya masih dipertanyakan. Kajian literatur diperlukan untuk mengetahui sejauh mana ChatGPT telah berkontribusi dalam pengajaran dan pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi jurnal, asal negara penulis, dan tema penelitian terkait ChatGPT dalam pengajaran dan pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan PRISMA framework yang memiliki tahapan 1) identifikasi, 2) penyaringan dengan memperhatikan kriteria inklusi dan ekslusi, dan 3) analisis data untuk menentukan tema penelitian. Distribusi jurnal menunjukkan dominasi Physical Review Physics Education Research (41,67%), dengan penulis mayoritas berasal dari Eropa (66,67%). ChatGPT memiliki banyak manfaat dalam pengajaran dan pembelajaran fisika antara lain dalam persiapan pengajaran, proses pembelajaran, asesmen pembelajaran, dan dalam praktikum. Hasil penelitian juga menunjukkan kemampuan ChatGPT dalam menyelesaikan berbagai soal fisika secara teoritis dan konseptual. Penelitian ini menyajikan informasi penting bagi penelitian pendidikan fisika dan pelaksanaan pengajaran fisika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phy

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics Other

Description

PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya diterbitkan oleh Universitas Sulawesi Barat. Terbit setiap 6 bulan (Oktobor dan ...