Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Meningkatkan Social Skills Melalui Penerapan Model Think Pair Share (TPS) dengan Multimedia dalam Mata Pelajaran IPAS Peserta Didik

Nafida Yusti Amalia (Universitas Sebelas Maret)
Moh Salimi (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan multimedia, meningkatkan social skills melalui penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan multimedia, mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan multimedia dalam mata pelajaran IPAS. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Sumber dta dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN Jemur yang dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase social skills dengan aspek hubungan teman sebaya, pengendalian diri, kemampuan belajar, bekerjasama, dan ketegasan diri pada siklus I= 80.11%, siklus II=88.18%, dan siklus III=95.68%. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...