PUSAKA: Journal of Educational Review
Vol. 2 No. 2 (2025): Developing Generation Alpha’s Skills in the Digital Era

Analisis Kesulitan Belajar IPA pada materi Konsep Gaya dan Gerak di kelas IV SDN Kayuringin Jaya III, Bekasi

Ahmad, Andy (Unknown)
Dwiprabowo, Risky (Unknown)
Rahmad, Ilmi Noor (Unknown)
Batu, Clarita Lumban (Unknown)
Qibtia, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

terhadap materi gaya dan gerak dalam pembelajaran IPA. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, yaitu Project-Based Learning (PJBL) dan Team Games Tournament (TGT), menunjukkan hasil yang positif, dengan 54% siswa memperoleh kategori "sangat baik" dan 38% "baik" dalam tes pemahaman. Meskipun demikian, terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan, terutama dalam memahami materi tanpa contoh yang jelas. Wawancara dengan guru dan siswa mengungkapkan bahwa meskipun minat siswa umumnya baik, ada beberapa siswa yang introvert dan lambat dalam memahami materi. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berhasil mencapai nilai baik, dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60. siswa kelas IV SDN Kayuringin Jaya III memiliki pemahaman yang baik tentang materi IPA, khususnya konsep gaya dan gerak, meskipun terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami beberapa aspek materi tersebut. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk menyesuaikan metode pengajaran guna meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap konsep ilmiah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjer

Publisher

Subject

Education Other

Description

PUSAKA: Journal of Educational Review committed to providing a streamlined submission process, rapid review and publication, and a high level of author service at every stage. It is a multi-disciplinary, open access, innovation-focused journal publishing research results from a broad range of ...