Pendampingan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan digitalisasi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia menjadi sangat penting dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis. Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendampingan yang diberikan kepada UMKM, khususnya dalam konteks peningkatan kualitas produk, pemasaran, dan pemahaman teknologi. Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence ini fokus pada pemanfaatan teknologi AI dalam pembuatan konten promosi yang efektif. Pengabdian ini dilakukan dengan pendekatan metode Participatory Action Research dimana pengabdian berorientasi pada pada pemberdayaan dalam menyelesaikan permasalahan mitra. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendampingan ini berhasil meningkatkan kualitas kemasan produk, visibilitas di pasar, dan pemahaman teknologi di kalangan mitra UMKM. Temuan ini menegaskan bahwa digitalisasi dan penggunaan AI tidak hanya membantu UMKM dalam menghadapi tantangan pasar, tetapi juga mendorong inovasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan.
Copyrights © 2024