Tuwah Pande
Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN LEMARI WAWASAN (LEMAS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Yuni Kartika (STKIP Usman Safri Kutacane)
James Marudut (STKIP Usman Safri Kutacane)
Rekaza Akbar (STKIP Usman Safri Kutacane)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran lemari wawasan (lemas) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 38 orang dan sampel berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group pretest and postest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Dari pengelolahan data di peroleh nilai rata-rata tes awal kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa sebesar 47,10 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviasinya sebesar 6,10 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-rata sebesar 75 dan termasuk dalam kategori baik, dengan standard deviasinya sebesar 5,07. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung = 61,98 dan di konsultasikan dengan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% = 2,026 dengan demikian t_hitung> t_tabel atau 61,98 > 2,026 maka hipotesis di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ada efektivitas Media Pembelajaran Lemari Wawasan (Lemas) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tuwahpande

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran; menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan studi ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut : Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, ...