Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran Al-Miftah Lil Ulum dan metode klasikal terhadap minat serta hasil belajar santri di Madrasah Diniyah Roudlotul Khuffadz, Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental dengan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian berjumlah 59 santri yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes akademik, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik parametrik, seperti paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik metode Al-Miftah Lil Ulum maupun metode klasikal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar santri. Namun, metode Al-Miftah Lil Ulum menunjukkan pengaruh yang lebih signifikan terhadap peningkatan minat dan hasil belajar dibandingkan metode klasikal. Selain itu, terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara minat belajar santri dan hasil belajar mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik santri guna meningkatkan mutu pendidikan di madrasah diniyah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025