Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Manajemen

Siallagan, Lasenna (Unknown)
Siregar, Fikri Alfahmi (Unknown)
Hutagalung, Gracella Rosnah S (Unknown)
Hia, Krisdamayanti (Unknown)
Syahputra, M.Irfandi (Unknown)
Lubis, Nabila Boru (Unknown)
Sinurat, Nadia Natalia (Unknown)
Zuhra, Naila (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Bahasa Indonesia, yang berasal dari bahasa Melayu dan telah menjadi lingua franca di Nusantara sejak abad ke-7, diresmikan sebagai bahasa nasional pada tahun 1945. Pembakuan bahasa dilakukan pada tahun 1972 untuk menyatukan berbagai dialek. Namun, mahasiswa sering mengalami kesalahan berbahasa dalam penulisan skripsi, yang berdampak pada kualitas akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam skripsi mahasiswa Manajemen. Metode pengumpulan data meliputi studi literatur dan triangulasi untuk meningkatkan validitas hasil. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku mendominasi, mencapai 47,83%, diikuti oleh penggunaan kata serapan (21,74%) dan kesalahan tanda baca (13,04%). Kesalahan ini dapat merusak kredibilitas akademik dan memengaruhi pemahaman pembaca. Temuan ini menekankan pentingnya pelatihan intensif dalam penggunaan bahasa yang baik serta kolaborasi antara lembaga pendidikan dan dosen untuk meningkatkan kualitas penulisan skripsi mahasiswa. Dengan perbaikan yang tepat, diharapkan kualitas penulisan skripsi dapat meningkat secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...