Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kelekatan teman sebaya (peer attachment) dengan kesejahteraan sekolah (school well-being) pada siswa sekolah berasrama di Lampung. Subjek pada penilitian ini berjumlah 219 siswa yang diambil dari 3 sekolah Asrama di Lampung. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara peer attachment dengan school well-being, dibuktikan dengan koefisien korelasi Pearson r = 0.853 dan tingkat signifikansi p<0.05. Tingkat peer attachment yang lebih tinggi berkaitan dengan kesejahteraan sekolah yang lebih baik, begitu pula sebaliknya. Kontribusi efektif peer attachment terhadap school well-being sebesar 72,76%, sedangkan sisanya sebesar 27,24% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Populasi penelitian terdiri dari siswa sekolah berasrama di Lampung, dengan sampel diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan skala psikologi untuk mengukur variabel, dan data dianalisis menggunakan SPSS. Temuan ini menekankan pentingnya membangun hubungan teman sebaya yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan siswa di lingkungan sekolah berasrama.
Copyrights © 2024