Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 2 (2025): Volume 6 No. 2 Tahun 2025

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI KALANGAN SISWA SMA MELALUI DISKUSI DAN DEBAT

Puji Hariati (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Nurmayana Nurmayana (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Purwarno Purwarno (Universitas Islam Sumatera Utara)
Purwanto Siwi (Universitas Islam Sumatera Utara)
Sri Handayani (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Nurhalimah Nurhalimah (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode diskusi dan debat dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di kalangan siswa SMA Yayasan Pendidikan Nazhirul Asrofi. Dalam konteks globalisasi, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sangat penting bagi siswa untuk berkompetisi di dunia internasional. Namun, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam berbicara dengan lancar dan percaya diri. Oleh karena itu, penelitian ini mengimplementasikan metode diskusi dan debat sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pengabdian ini menggunakan pendekatan mixed methods, dengan kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Nazhirul Asrofi yang terlibat dalam kegiatan diskusi dan debat. Data dikumpulkan melalui tes berbicara yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan, kuesioner untuk mengukur persepsi siswa, serta wawancara dan observasi untuk menggali pengalaman siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara siswa, baik dari segi kelancaran, penguasaan kosakata, maupun pengucapan. Berdasarkan temuan dari kuesioner dan wawancara, siswa juga melaporkan peningkatan rasa percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa diskusi dan debat dapat menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa, dengan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun argumen dan berbicara secara terstruktur. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini diterapkan secara rutin dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Yayasan Pendidikan Nazhirul Asrofi dan sekolah-sekolah lainnya untuk memaksimalkan potensi siswa dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...