Madaniya
Vol. 6 No. 2 (2025)

Sosialisasi Program STEM-Eduwisata dalam Pembelajaran IPA berbasis SDGs untuk forum MGMP IPA Samarinda

Shelly Efwinda (Universitas Mulawarman)
Nurul Fitriyah Sulaeman (Universitas Mulawarman)
Ruqoyyah Nasution (Universitas Mulawarman)
Erna Sari (Universitas Mulawarman)
Saphira Devina Widya Putri Farida (Universitas Mulawarman)
Muhammad Amiq Zahidsyahtya (Universitas Mulawarman)
Rafi Arjuna Kieza (Universitas Mulawarman)
Najwa Asri Hyacinta (Universitas Mulawarman)
Dewi Suffah Anggraeni (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Kegiatan pengembangan profesionalisme guru yang menyesuaikan dengan kebutuhan abad ke-21 sangatlah penting. Dalam pengembangan profesionalisme guru dalam pembelajaran sains, pembelajaran berbasis SDGs (Sustainable Development Goals) melalui pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang diintegrasikan dengan konsep edu-tourism dapat menjadi salah satu alternatif terobosan dalam pembelajaran sains. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru-guru mengenai konsep STEM-Edutourism pada forum MGMP IPA Samarinda sebagai terobosan dalam pembelajaran IPA berbasis SDGs sehingga guru dapat merespon inovasi pembelajaran ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu dukungan untuk mempersiapkan Kota Samarinda sebagai Kota Penyangga IKN (Ibu Kota Nusantara) yang mengusung konsep Kota Berkelanjutan dan mendukung terwujudnya ekonomi hijau. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah guru-guru IPA SMP di Kota Samarinda yang berjumlah 40 orang. Kegiatan inti terbagi dalam beberapa tahapan, meliputi sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi serta keberlanjutan program, yang dilakukan dengan menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Data kegiatan pengabdian kepada masyarakat dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner respon. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66% peserta memberikan respon “Sangat Baik” dan 34% memberikan respon “Baik” terhadap pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini. Berdasarkan hasil tersebut, kami merekomendasikan kepada para pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk meningkatkan integrasi SDGs dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran sains dengan mengimplementasikan Program STEM-Edutourism sebagai salah satu alternatif inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...