Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH PERMAINAN KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK HASHINAH PADANG

Zalfa Jihan Aqillah (Universitas Negeri Padang)
Novilia Berliani (Universitas Negeri Padang)
Nabiella Annaejla (Universitas Negeri Padang)
Agil Indria Labora (Universitas Negeri Padang)
Aidil Rizki (Universitas Negeri Padang)
Widya Maharani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan kooperatif dalam meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak usia dini di TK Hashinah, Padang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan pretest-posttest pada satu kelompok. Sampel penelitian terdiri dari 16 anak. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis statistik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam perkembangan sosial-emosional anak setelah intervensi bermain kooperatif, dengan skor pretest rata-rata meningkat dari 22,63 menjadi 42,27 pada posttest. Uji statistik menghasilkan nilai p 0,003, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dari permainan kooperatif terhadap perkembangan sosial-emosional anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan kooperatif efektif dalam merangsang keterampilan sosial dan kontrol emosional pada anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...