Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2024): QUADHELIX : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Isu-Isu Pembelajaran Penjas di Era Digital

Rony M Rizal (STKIP Pasundan)
Akhmad Sobarna (STKIP Pasundan)
Aep Rohendi (STKIP Pasundan)
Muchamad Ishak (STKIP Pasundan)
Sumbara Hambali (STKIP Pasundan)
Kris Dwi Purnomo (STKIP Pasundan)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak digitalisasi pada pembelajaran Penjas, mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh pendidik dan siswa, serta mengeksplorasi strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Penjas melalui teknologi digital. Penelitian ini menggunakan metode survei dan wawancara untuk mengumpulkan data. Subjek kegiatan ini adalah siswa dan guru Penjas di sekolah menengah di Kota cimahi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Penjas masih menghadapi berbagai tantangan. Sebanyak 70% dari guru melaporkan kurangnya keterampilan digital sebagai hambatan utama, sementara 60% dari siswa menyatakan bahwa mereka kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran daring. Namun, ada juga potensi besar untuk meningkatkan pembelajaran Penjas melalui teknologi, dengan 80% siswa mengindikasikan bahwa mereka lebih suka menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis video yang interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat berbagai tantangan dalam implementasi pembelajaran Penjas di era digital, teknologi digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Diperlukan pelatihan keterampilan digital bagi pendidik, peningkatan akses terhadap perangkat teknologi, dan pengembangan konten pembelajaran yang interaktif untuk mengatasi kendala yang ada dan memaksimalkan manfaat dari teknologi digital dalam pembelajaran Penjas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

quadhelix

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences Other

Description

QUADHELIX adalah jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh STKIP Pasundan, yang berdiri mulai tahun 2024. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik yang berbasis riset maupun hasil kegiatan dalam lingkup pendidikan, dan diperuntukan ...