Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kesiapan Siswa Menghadapi Tantangan Era Digital dan Revolusi Industri 4.0 di MTs Tamansiswa Medan

Afdhalurrahman (Unknown)
Asril Azhari Hasibuan (Unknown)
M. Hasan Ishfi (Unknown)
Siti Halimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Tamansiswa Medan dalam meningkatkan kesiapan siswa menghadapi tantangan era digital dan Revolusi Industri 4.0. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka mulai diimplementasikan secara bertahap melalui pembelajaran berdiferensiasi, proyek penguatan profil pelajar, dan integrasi nilai-nilai keislaman. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan infrastruktur digital dan kesiapan guru dalam menerapkan pendekatan baru, madrasah secara aktif melakukan pelatihan, kolaborasi antar guru, serta penguatan literasi digital siswa. Implementasi kurikulum ini menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi abad 21 siswa, seperti berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan beradaptasi dengan teknologi. Studi ini merekomendasikan penguatan sinergi antara guru, siswa, dan orang tua dalam mendukung keberlanjutan transformasi pendidikan berbasis nilai dan teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...