Para mahasiswa dalam menghadapi tantangan masa modern diperlukan kentrampilan dalam pengelolaan media menjadi sebuah keunggulan. Dalam menghadapi permasalahan di kalangan luar yang belum optimal serta lemahnya rapuhnya kelembagaan mahasiswa yang belum mampu memberikan kontribusi . Oleh karena itu penting untuk melakukan pemberdayaan mahasiswa melalui pelatihan penggunaan media social youtube untuk pemasaran dalam Menyusun konten creator yang menarik. Tujuan program ini adalah mendorong pengembangan usaha bagi mahasiswa yang lebih kreatif. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode survei partisipatif, observasi, ceramah, diskusi, dan praktik langsung, dengan melibatkan beberapa 11 orang mitra yang berasal dari perwakilan kelompok tani. Hasil pelaksanaan program memperlihatkan keseriusan dan antusias peserta dalam setiap sesi pelatihan. Beberapa hal teknis yang dapat dipahami oleh mitra program antara lain; manajemen usaha creator mahasiswa berbasis kewirausahaan sosial, pemanfaatan social media marketing, dengan peningkatan pemahaman sebesar 27 poin (68%) dibanding sebelum pelatihan, serta kesepakatan pembentukan lembaga mahasiswa sebagai sentra pengembangan hasil karya mahaswa.
Copyrights © 2024