Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 22 No 1 (2025): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Perbedaan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Ditinjau Dari Jenis Sekolah

Ferdiansyah, Muhammad Aldy (Unknown)
Kurniawati, Rika (Unknown)
Jannah, Anisa Raudhatul (Unknown)
Sari, Puspa (Unknown)
Dwita, Adel Karen (Unknown)
Juniarti, Juniarti (Unknown)
Hartono, Yusuf (Unknown)
Lubis, Khadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji perbedaan tingkat prokrastinasi akademik berdasarkan jenis sekolah, karena kecenderungan siswa dalam menunda tugas diduga dipengaruhi oleh karakteristik lingkungan pendidikan masing-masing. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif tipe ex-post facto. Sampel berjumlah 120 siswa dipilih melalui teknik simple random sampling dari ketiga jenis sekolah (SMA Negeri, SMA Swasta, dan SMA Islam). Data dikumpulkan menggunakan angket prokrastinasi akademik dan dianalisis dengan uji One-Way ANOVA serta dilanjutkan uji Post Hoc. Hasil menunjukkan nilai Sig. 0,000, membuktikan adanya perbedaan signifikan antar jenis sekolah. Tingkat prokrastinasi tertinggi terdapat pada siswa SMA Islam, disusul SMA Negeri, dan terendah SMA Swasta. Perbedaan signifikan ditemukan antara SMA Islam dengan dua sekolah lainnya (Sig. 0,001), sementara antara SMA Negeri dan SMA Swasta tidak terdapat perbedaan signifikan (Sig. 1,000).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on Guidance and Counseling Islamic, Counseling Multicultural, School Counseling, Counselor Education, Child and Adolescent Counseling, Adult ...