Kelimutu Journal of Community Service
Vol 5 No 1 (2025): Kelimutu Journal of Community Service (KJCS)

Workshop Pembuatan Modul Ajar dan Media Pembelajaran Berbasis Digital bagi Guru Sekolah Dasar GMIT Kota Kupang

Koroh, Tati Rosiana (Unknown)
Bulu, Vera Rosalina (Unknown)
Koro, Maxsel (Unknown)
Fointuna, Daniel Williams (Unknown)
Ratu, Kurniayu Triastuti (Unknown)
Ga, Paulina Riwu (Unknown)
Ndolu, Sumardi (Unknown)
Riwu, Marchel Djami (Unknown)
Tnunay, Samuel (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar dan media pembelajaran berbasis digital bagi Guru SD GMIT Kota Kupang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari 8 sampai 10 Mei 2025 di SD GMIT Kuanino 1 Kota Kupang sebagai sekolah mitra. Peserta kegiatan yang terlibat berasal dari 5 SD GMIT Klasis Kota Kupang, yaitu SD GMIT Kuanino 1, 2 dan 3, SD GMIT Airnona 1, 2, dengan jumlah total keseluruhan partisipan sebanyak 30 guru. Materi yang dipaparkan mencakup literasi dan numerasi, kurikulum merdeka, serta penggunaan dan pengintegrasian media pembelajaran digital berbasis web dan aplikasi dalam penyusunan perangkat ajar. Peserta juga dibimbing untuk membuat perangkat pembelajaran berbasis literasi numerasi dan media pembelajaran digital untuk menunjang pembelajaran mereka di sekolah. Hasil yang dicapai berupa tersusunnya 30 perangkat pembelajaran yang mengitegrasikan media pembelajaran berbasis digital. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua peserta telah memiliki pemahaman yang baik tentang materi literasi, numerasi, modul ajar dan media pembelajaran digital berbasis literasi dan numerasi dengan nilai minimal 80.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...