Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025)

Implementasi Media Flashcard UNO dalam Pembelajaran Materi Aksara Jawa Kelas 3B SD Negeri Wates 01

Viola, Melyna Putri (Unknown)
Azalea, Talitha Salsabila (Unknown)
Wahyuningsih, Fitri (Unknown)
Candra, Amelia Ellena (Unknown)
Afifah, Naura Nisrina (Unknown)
Cahyaningtyas, Andarini Permata (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media flashcard UNO dalam pembelajaran aksara Jawa untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 3B SD Negeri Wates 01. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard UNO aksara Jawa, yang dirancang dengan warna dan sandhangan swara, mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam belajar, serta menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan menulis aksara Jawa. Evaluasi pembelajaran mengungkapkan bahwa rata-rata nilai siswa berada di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Temuan ini sejalan dengan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa media berbasis permainan seperti flashcard UNO efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, media ini layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran inovatif untuk materi aksara Jawa di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...